Sabtu, 27 Juni 2015

Rangkaian Counter Dengan JK-Flip Flop

1.    Pencacah Mod-8
Modulus dari suatu pencacah adalah jumlah keadaan keluaran yang dimilikinya. Sebuah pencacah riak 4-bit mempunyai modulus 16, yang menyatakan adanya 16 keadaan keluaran berbeda dengan nomor dari 0000 sampai 1111. Dengan mengubah desain, dapat dibuat sebuah pencacah dengan modulus yang diinginkan. Berikut ini adalah rangkaian pencacah bermodulus 8 (mod-8). Pencacah mod-8 dikenal juga sebagai rangkaian pembagi-8 (divide-by-8 circuit) atau pencacah dekade (decade counter). Pencacahan sekuensial berurutan dari counter modulo-8 adalah dari 0000 sampai 0111 (0 hingga 7 desimal).

Counter Modulus-8

Counter mod-8 memiliki 3 bit dengan harga: 4-an, 2-an dan 1-an. Untuk itu dibutuhkan empat flip-flop yang dihubungkan seperti ripple counter. Kita harus menambahkan gerbang NAND untuk menghapus (clear) semua flip-flop kembali ke keadaan nol segera sesudah hitungan ke 8. Karena modulus-8 menghitung hingga 7 (0111), maka hitungan berikut (8 - 1000) digunakan untuk menghasilkan pulsa reset. Hal ini dilakukan dengan mengumpankan kedua logika 1 pada 1000 kedalam gerbang NAND yang akan mereset seluruh flip-flop kembali ke 0000 lagi. Maka counter akan menghitung mulai 0000 hingga 0111 lagi. Dengan menggunakan gerbang NAND, kita dapat membuat sejumlah counter modul yang lain, dengan tetap memperhatikan logika 1 sebagai “tanda” tercapainya batas penghitungan. Counter ini dapat dibangun dari berberapa flip-flop individual, namun juga diproduksi keempat flip-flop dalam satu paket IC, yang bahkan sudah menyertakan gerbang reset NAND seperti IC 7493.

Urutan pencacahan Counter modul-8:
Q =0000 (0)          Q =0101 (5)
Q =0001 (1)          Q =0110 (6)
Q =0100 (2)          Q =0111 (7)
Q =0011 (3)          Q =0000 (0)
Q =0100 (4)         

2.     Pencacah Naik-Turun (Up-down counter)
Pencacah ini dapat menghitung naik (up counter) yang menghitung dari bilangan yang kecil ke bilangan yang lebih besar, juga dapat menghitung turun (down counter) yang menghitung dari bilangan yang besar ke bilangan yang lebih kecil.

 Pencacah Naik-Turun (Up-down counter)

Skema diatas menunjukan cara menyusun sebuah pencacah naik-turun.Keluaran flip-flop dihubungkan dengan jaringan pengarah pengemudi (steering network ),sebuah sinyal kendali UP menghasilkan baik pencacahan turun maupun naik.Apabila sinyal UP merupakan tingkat logika rendah..Q2,Q1 dan Q0 akan disalurkan ke masukan-masukan detak,ini akan menghasilkan pencacah turun,dipihak lain,apabila UP tinggi,Q2,Q1 dan Q0 menggerakkan masukan-masukan detak,dan rangkaian menjadi sebuah pencacah naik.



3.     Counter Berhenti Sendiri (PRESET)
Counter yang kita bicarakan selama ini merupakan counter yang terus menghitung dalam siklus yang terus berputar. Kadang kala dibutuhkan counter yang berhenti menghitung ketika hitungan yang diinginkan tercapai. Baik counter naik maupun turun dapat dihentikan setelah hitungan tertentu dengan menggunakan gerbang logika atau gerbang kombinasional Output dari gate diumpan balikkan ke input J dan K dari flip-flop pertama pada ripple counter. Logika 0 - 0 pada input J dan K dari FF1 akan menahan output tetap sama. Hal ini menghentikan togel dari FF1. Contoh rangkaian digambarkan pada Gambar Dibawah, dimana counter turun berhenti pada 000, dan untuk memulai lagi penghitungan harus dengan memberi logika 0 pada preset.

 Counter Berhenti Sendiri (PRESET)


Demikian tentang Counter JK Flip Flop dari saya mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan silahkan dicomment dan bantu perbaiki . saya tulis ini utuk kepentingan tugas kuliah dan mudah mudahan bisa bermanfaat untuk yang lain.

bila ingin tau banyak tentang 
Rangkaian Counter Dengan JK-Flip Flop klik saja disini 
Baskara Blog

untuk Softcopy simulasi Proteus bisa lewat emal ke denisariandi@ymail.com
Terima Kasih Atas Kunjungannya


Daftar Pustaka










1 komentar: